PROFIL SDN PONDOK TERONG 4

 PROFIL SDN PONDOK TERONG 4


SD Negeri Pondok Terong 4 merupakan salah satu sekolah dasar negeri yang terdapat di wilayah Kecamatan Cipayung Kota Depok. Saat ini tercatat sebanyak 600 siswa. Jumlah siswa tersebut terbagi dalam 18 rombel, Sekolah dilaksanakan dua sesi yaitu terdiri dari  jam pagi dan jam siang.

Identitas Sekolah :

Nama Sekolah         : SD Negeri Pondok Terong 4

NPSN                      : 20228891

NSS                         : 101026604050

Status Sekolah        : Negeri

Tahun Pendirian      : 1985

Nilai Akreditasi       : 91 / A / Unggul

Luas Tanah              : 1024 m2

Alamat Sekolah       : 

Jl. Al Basorun RT. 02/07 No. 01 Kel. Bojong Pondok Terong Kec. Cipayung Kota Depok Provinsi Jawa Barat


Untuk jumlah Tenaga Pendidik berikut Kepala Sekolah di SD Negeri Pondok Terong 4 yaitu sebanyak 21 orang dengan kualifikasi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 20 orang dan S-2 sebanyak 1 orang. Untuk tenaga kependidikan berjumlah 4 personil yang terdiri dari Operator Sekolah, Tata Usaha, Penjaga Sekolah dan Tenaga Kebersihan.

SD Negeri Pondok Terong 4 berkomitmen untuk terus mencetak generasi-generasi unggul yang siap menyongsong masa depan dengan memberikan pendidikan yang bermakna kepada siswa. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut SD Negeri Pondok Terong 4 memiliki Visi dan Misi sebagai berikut :

VISI

"Terwujudnya Peserta Didik yang Berakhlak Mulia, Bernalar Kritis, dan Bebudaya Lingkungan"

Pada kalimat visi ini terdapat beberapa kata esensial yang perlu mendapat penjelasan, yaitu:

a.        Berakhlak Mulia

Membentuk siswa yang mempunyai karakter mulia yakni individu yang memiliki pengetahuan tentang potensi dirinya, yang ditandai dengan pengaplikasian nilai-nilai positif dan mulia dalam berperilaku. Serta membentuk siswa yang mempunyai akhlak yang mulia, baik kepada teman, guru, kepala sekolah dan kedua orang tuanya serta kepada manusia di lingkungnnya.

b.        Bernalar Kritis

Membentuk siswa yang selalu ingin tahu, meningkatkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Sosial, serta dapat meningkatkan  keterampilan yang dimiliki.

c.        Berbudaya Lingkungan

Membentuk siswa, mendorong dan menumbuhkan kepedulian, komitmen untuk melindungi, memperbaiki serta memanfaatkan lingkungan hidup secara bijaksana, turut menciptakan pola perilaku baru yang bersahabat dengan lingkungan hidup.

Misi SD Negeri Pondok Terong 4

Dalam rangka mewujudkan visi di atas, misi yang akan diemban oleh SD Negeri Pondok Terong 4 Kecamatan Cipayung Kota Depok, sebagai berikut :

1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik terhadap Tuhan Yang Maha Esa sehingga terwujud peserta didik yang berakhlak mulia.

2.   Meningkatkan kemampuan daya nalar peserta didik dalam hal literasi dan numerasi

3.   Membangun inovasi dan keterampilan peserta didik pada proses pembelajaran yang produktif

Membentuk peserta didik yang terampil, biasa hidup sehat, bersih, cinta keindahan dan lingkungan

Tujuan SD Negeri Pondok Terong 4

Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan lebih detail dan lebih jelas. Tujuan sekolah kami merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur, berikut ini jabaran tujuan yang diuraikan dari visi dan misi di atas.

a.         Tujuan Jangka Pendek 1 Tahun

1)      Mengembangkan budaya sekolah yang religius melalui kegiatan keagamaan pada seluruh peserta didik yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan projek.

2)    Meraih prestasi minimal satu lomba/kompetisi akademik maupun non akademik minimal tingkat kota per tahun.

3)      Mendorong seluruh peserta didik ikut serta dalam kegiatan- kegiatan ibadah

4)      Mengikutsertakan seluruh peserta didik pada minimal satu ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya.

5)      Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada seluruh peserta didik yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan projek.

6)      Memfasilitasi proses belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik

7)      Mendorong seluruh peserta didik ikut serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat

8)   Memfasilitasi seluruh peserta didik menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project based learning.

9)  Mendorong seluruh peserta didik memiliki kepedulian sosial dengan mengikuti berbagai kegiatan sosial

b.         Tujuan Jangka menengah 2-3 Tahun

1)      Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan profil pelajar pancasila

2)      Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keragaman potensi, minat dan bakat serta kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.

3)      Memfasilitasi peserta didik untuk dapat meningkatkan budaya disiplin beribadah serta kesadaran hidup sehat

4)      Membekali peserta didik dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.

5)      Membekali peserta didik dalam penguasaan digital

6)      Memfasilitasi peserta didik memiliki kepekaan (sensitivitas), kemampuan mengekspresikan dan mengapresiasi keindahan dan keseimbangan (harmoni), hidup bermasyarakat, berguna untuk orang lain

c.         Tujuan Jangka Panjang 4 Tahun

1)      Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, peduli, berdaya juang tinggi, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa mengembangkan minat serta bakatnya sesuai dengan profil peserta didik pancasila.

2)      Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.

3)      Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan lingkungan dan mampu menyesuaikan diri dalam kehidupan sosial.

Strategi SDN Pondok Terong 4

Untuk mewujudkan tujuan, sekolah menyusun strategi,  yaitu sebagai berikut:

1)        Membentuk teamwork bidang religi, disiplin, dan prestasi untuk mempertinggi nilai jual sekolah.

2)        Meningkatkan kompetensi Guru untuk melakukan kegiatan pengembangan dalam kompetensi pedagogik atau profesionalisme sehingga mampu meningkatkan mutu/ kualitas pendidikan baik lokal maupun global;

3)        Membentuk jati diri siswa yang cerdas, religius dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui pembinaan mental spiritual dalam kehidupan sehari-hari;

4)        Meningkatkan kompetensi lulusan SD Negeri Pondok Terong 4 yang kualitatif dan mampu berkompetitif secara menyeluruh dan berkesinambungan;

5)        Meningkatkan aktifitas, kreatifitas, siswa dalam kegiatan belajar yang mengarah pada peningkatan prestasi akademis dan non akademis ditingkat Kota melalui kegiatan ko kurikuler dan ekstra kurikuler;

6)        Membentuk siswa yang disiplin, sehat jasmani dan rohani serta kemadiriannya melalui kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Pramuka;

7)        Membentuk siswa agar memiliki dasar-dasar pengetahuan, kemampuan dan keterampilan agar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

8)        Penataan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, kondusif, rapih, dan bersih dengan berlandaskan pada budaya lingkungan

9)        Pengadaan dan pengembangan Sarana dan Prasarana yang ideal untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar baik fisik bangunan sekolah,  dan alat peraga / media pembelajaran

10)    Meningkatkan hubungan kerjasama dengan komite sekolah, orang tua murid, stakeholders, Instansi Terkait dan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan baik lokal maupun global.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERINGATAN MAULID DI SDN PONDOK TERONG 4 BERJALAN SUKSES

SDN Pondok Terong 4 Membangun Karakter Disiplin dan Rasa Cinta Tanah Air

SDN PONDOK TERONG 4 BERGANTI KEPEMIMPINAN